Cara membuat blog di blogspot


Sahabat sekalian, kegiatan ngeblog saat ini adalah salah satu kegiatan yang banyak disukai oleh para bloger baru diseluruh Indonesia. Bagi anda yang berkeinginan untuk membuat sebuah blog entah itu dalam rangka berda’wah atau pun hanya untuk berbagi informasi yang bermanfa’at bagi orang-orang, kali ini saya akan memberi tahu kepada anda yang masih kebingungan bagaimana cara membuat blog baru di blogspot.
Baiklah, untuk permulaan anda harus mempunyai akun Gmail terlebih dahulu (e-mail dari google). Jika memang belum mempunyai, silahkan anda buat terlebih dahulu disini.


  1. Apabila sudah mempunyai akun gmail, sekarang silahkan anda kunjungi alamat berikut www.blogger.com 
  2. Kemudian, silahkan masukan e-mail dan password anda disana. Lalu klik sign in atau tekan enter.
  3. Biasanya akan muncul tulisan “selamat datang… bla bla bla” silahkan anda klik konfirmasikan. Seandainya tulisan tersebut tidak muncul, lewati saja cara ketiga ini dan langsung menuju ke cara nomor empat.
  4. Setelah anda masuk, lihatlah disebelah kiri anda. Disana akan ada tulisan “blog baru” atau “new blog” bagi yang berbahasa inggris. Klik tulisan tersebut.
  5. Setelah diklik anda akan diminta untuk mengisi judul/title, alamat, dan template. Silahkan anda isi “judul/title” dengan judul blog yang anda inginkan, contoh : Siganteng Kalem. Untuk bagian alamat : isi dengan alamat blog anda, biasanya kita hanya perlu menambahkan (strip) dari judul blog kita, contoh : siganteng-kalem atau thegantengkalem (dengan menambahkan kata unik sebelumnya). 
  6. Anda tinggal memilih template yang di inginkan dengan mengklik gambar templatenya dibagian bawah. Setelah itu, klik “buat blog” dibagian paling bawah.

Dan blog anda sudah berhasil dibuat. Akan tetapi kita belum beres sampai disini. Sebelum anda memosting, klik terlebih dahulu judul blog anda dibagian Dashboard.  Kemudian pergi ke “setelan/setting” di bagian paling kiri-bawah.

  • Pada bagian tengah, anda akan menemukan kata “deskripsi”, isi kolom tersebut dengan penjelasan singkat tentang blog anda. Sebagai contoh deskripsi yang saya buat anda bisa melihatnya dibagian pojok-kiri-atas terdapat tulisan (pegang teguhlah al-qur’an….).
  • Jika sudah, silahkan anda pergi/klik ke tulisan “search preference” dibagian bawah. Disana anda akan menemukan lagi kata “deskripsi” dibagian tengah. Isi kolom tersebut dengan penjelasan lengkap seputar blog anda. Ini akan muncul di pencarian google atau search engine lainnya.

Jika kedua cara di atas sudah anda lakukan, maka blog anda sudah siap. Sekarang anda bisa memosting artikel dibagian post/entri baru. Dan bila ingin merubah tampilan blog anda, anda bisa mengaturnya dibagian “template”-customize. Atau jika anda ingin menambahkan gadget baru pada blog anda, silahkan menambahkannya di bagian “layout/tata letak”.

Sekian cara untuk membuat blog diblogspot, mudah-mudahan bisa membantu memudahkan anda yang masih bingung dalam membuat blog baru. Apabila ada pertanyaan dan hal-hal yang belum dimengerti silahkan tanyakan dikotak komentar dibawah. Insya allah saya akan membantu anda..

Artikel KABAR5 Lainnya :

Scroll to top